Oleh: harmenk | 13 Desember, 2007

ORHIBA

PENGANTAR

Saya mendapat brosur tentang olah raga hidup baru disingkat ORHIBA, entah darimana saya sudah lupa kira-kira tahun 1960 an yll. dan mulai saya praktekkan secara rutin setahun terakhir ini ternyata ada manfaatnya.

Dari brosur tesebut dan setelah saya rapikan seperlunya, maka tidak ada salahnya jika saya informasikan juga kepada siapa saja yang berminat dengan harapan semoga berguna.

PENDAHULUAN

Konsepnya, olah raga ini merupakan suatu cara atau usaha baru dengan maksud untuk membebaskan manusia dari segala macam gangguan physik dan mental dengan jalan mengembalikan hak hidup seluruh tubuh dan organ organnya.

Dalam olah raga yang dikenal sampai sekarang ini, pada umumnya yang dipentingkan dan yang dilatih adalah urat atau otot (spieren), akan tetapi dalam olah raga hidup baru (ORHIBA) yang dipentingkan dan yang dilatih adalah kelenjar-kelenjar (inwendige organen) dan pernapasan.

ORHIBA tidak memerlukan peralatan olah raga dan dapat dilakukan oleh semua orang, tua-muda, laki-laki, perempuan, yang sakit maupun yang sehat, juga tidak memerlukan tempat istimewa, dimana saja boleh, akan tetapi yang sebaik-baiknya adalah tempat yang terbuka dimana udara dapat bebas berhembus.

PETUNJUK UMUM

Cara melakukan ORHIBA ini tidak boleh dipaksakan (forceeren) tetapi hendaklah disesuaikan dengan irama masing-masing. Irama orang tua berlainan dengan irama orang muda, bagi wanita iramanya juga tidak sama dengan pria. Semuanya disesuaikan dengan kekuatan, kemauan dan kemampuan masing-masing. Biar bagaimana, sekalipun berlainan iramanya tetapi hasilnya tetap ada. Gerakan yang baik dengan hasrat yang kuat akan memberi hasil yang baik pula. Hasil dari ORHIBA ini tergantung pada usaha dan kemampuan yang mengerjakannya, kalau dilakukan 10%, janganlah mengharap hasil 100%.

ORHIBA dibagi dalam 7 gerakan inti, masing2 gerakan inti mempunyai beberapa nomor, jumlah seluruhnya 24 nomor dan setiap nomor dilakukan gerakan sebanyak 24 kali. Namun untuk permulaan, sebaiknya setiap nomor dilakukan 6 kali saja, sesudah seminggu dapat ditingkatkan menjadi 12 kali, pada minggu ke tiga menjadi 18 kali dan akhirnya pada minggu ke empat menjadi 24 kali.

ORHIBA sedapat-dapatnya dilakukan 3 kali sehari, yaitu pada pagi, sore dan malam hari. Kalau kita telah dapat melakukan ORHIBA 3 kali sehari selama 1 bulan saja, dengan jumlah gerakan 24 kali untuk setiap nomor, maka kondisi badan kita boleh dikatakan telah sempurna, dan sesudah itu (kalau tidak ada waktu) jumlah gerakan 24 kali dapat diturunkan sampai minimum 12 kali sebagai usaha untuk memelihara (onder-houd) badan supaya tetap sehat dan bugar. Akan tetapi cara yang sebaiknya adalah dengan terus berlatih 3 kali sehari, 24 kali gerakan untuk setiap nomor.

PERSIAPAN

Sebelum memulai ORHIBA, kita terlebih dahulu harus melihat dan memperhatikan seluruh tubuh/badan kita dengan rasa syukur ni’mah kepada Allah SWT. Setelah itu harus ditimbulkan keinginan yang kuat (jw.niat ingsun ) untuk membangkitkan hak hidup seluruh tubuh, agar badan menjadi sehat, kuat dan hidup.

SIKAP

Sikap atau posisi badan berdiri tegak lurus, kepala tegak, dada dibusungkan, pandangan mata lurus kedepan, seluruh badan termasuk leher dan tangan berada dalam keadaan keras atau tegang. Sikap ini dinamakan sikap hidup.

PELAKSANAAN ORHIBA

Pelaksanaannya harus dilakukan secara urut dimulai dari gerakan inti pertama s/d. ketujuh, dimulai dari nomor 1 s/d. nomor 24.

PERTAMA : GERAKAN TANGAN: ( 2 nomor )

Gerakan ini dimaksudkan untuk melemaskan urat pundak, urat bahu dan urat pernapasan sehingga rongga dapat membesar dengan wajar.

GERAKAN No. 1 :
Kedua tangan gerakkan kedepan, keatas, kebelakang dan terus kebawah. Gerakan berputar kebelakang ini dilakukan 24 kali dan tangan tetap lurus tidak boleh ditekukkan.

GERAKAN No. 2 :
Kedua tangan gerakkan kebelakang, keatas, kedepan dan terus kebawah. Gerakan berputar kedepan ini dilakukan 24 kali dan tangan tetap lurus tidak boleh ditekukkan.

KEDUA : GERAKAN KAKI: ( 6 nomor)

Gerakan ini dimaksudkan untuk melatih keseimbangan badan dan turut menggerakkan tulang punggung sampai kepala. Kalau gerakan-gerakan ini dijalankan dengan baik maka isi tulang punggung akan menjadi sehat.

Berdiri, kedua tangan kiri dan kanan dipinggang (jw.methentheng )

GERAKAN No. 3, 4, dan 5 :
” Kaki kanan disepakkan/ ditendangkan kedepan, dilakukan 24 kali.
” Kaki kanan disepakkan/ ditendangkan ke samping kanan dilakukan 24 kali.
” Kaki kanan disepakkan/ ditendangkan kebelakang, dilakukan 24 kali.

GERAKAN No. 6, 7, dan 8 :
” Kaki kiri disepakkan/ ditendangkan kedepan, dilakukan 24 kali.
” Kaki kiri disepakkan/ ditendangkan ke samping kiri, dilakukan 24 kali.
” Kaki kiri disepakkan/ ditendangkan kebelakang, dilakukan 24 kali.

KETIGA : GERAKAN DADA: ( 4 nomor )

Gerakan ini dimaksudkan untuk membuat rongga dada lega, artinya mudah membesar dan mengecil. Dengan gerakan-gerakan ini urat-urat bahu juga menjadi lemas, yang dapat memudahkan jalan pernapasan.

GERAKAN No. 9 :
Rongga dada dibusungkan kedepan sejauh-jauhnya, tulang punggung bengkok kebelakang, kedua bahu digerakkan keatas, kebelakang, kebawah, kedepan, keatas dan akhirnya kebelakang lagi, demikian seterusnya seakan-akan bahu berputar kebelakang seperti roda, dilakukan 24 kali.

GERAKAN No; 10 dan 11 :
” Rongga dada sebelah kanan digerakkan keatas dan kebawah atau naik turun dengan bantuan pundak bahu, dengan begitu tulang punggung membengkok kesamping kanan, dilakukan 24 kali.
” Gerakan yang sama dilakukan untuk rongga dada sebelah kiri, dilakukan 24 kali pula.

GERAKAN No. 12 :
Rongga dada ditarik kebelakang sejauh-jauhnya, sehingga rongga dada menjadi kecil, tulang punggung membungkuk kedepan, kedua bahu digerakkan keatas, kedepan, kebawah, kebelakang, keatas, dan akhirnya kedepan lagi, demikian seterusnya seakan-akan bahu berputar kedepan seperti roda, dilakukan 24 kali.

KEEMPAT : GERAKAN PERUT: ( 4 nomor )

Gerakan ini dimaksudkan untuk melatih dan menguatkan lambung, hati, limpa, ginjal, usus dan bagian-bagian lain dalam perut. Gerakan ini pada permulaan latihan sukar melakukannya, akan tetapi lama kelamaan akan berhasil baik.

GERAKAN No. 13 :
Perut setinggi lambung ditolakkan kedepan dengan kuat dan setelah itu ditarik kembali, dilakukan 24 kali.

GERAKAN No. 14 dan 15 :
Perut setinggi lambung ditolakkan kekanan dan kekiri berganti-ganti, dilakukan 24 kali. Hendaknya dapat dirasakan, bahwa bagian kanan & kiri dari perut terasa ditekan dengan gerakan-gerakan ini.

GERAKAN No. 16 :
Dada dibusungkan keatas, perut setinggi lambung ditolakkan kebelakang, dilakukan 24 kali Gerakan ini perlu untuk melatih dan menguatkan ginjal (nieren).

KELIMA : GERAKAN PINGGUL: ( 4 nomor )

Gerakan ini dimaksudkan untuk menguatkan isi perut, usus halus & kasar, kantong urine, dubur dan lain-lain, disamping itu gerakan ini adalah untuk melatih dan menguatkan tulang punggung bagian bawah yang sangat penting dalam menopang tubuh manusia.

GERAKAN No. 17 :
Kaki dan pantat dikeraskan, dubur ditarik masuk dengan kuat kedepan, dan pinggul didorong kedepan-atas, seakan akan pinggul dipatahkan kemuka, dilakukan 24 kali.

GERAKAN No. 18 dan 19 :
” Pinggul memutar kesamping kanan, kedepan, kesamping kiri, kebelakang, kemudian kembali kekanan lagi, dibantu dengan jalan menekuk lutut kiri dan kanan berganti-ganti, dilakukan 24 kali. Gerakan ini mungkin lebih dikenal sebagai gerakan hula-hula (jw.megal megol).

” Gerakan yang sama dilakukan kebalikan, dimulai pinggul memutar kesamping kiri, kedepan, kesamping kanan, kebelakang, kemudian kembali kekiri lagi, dst.dilakukan 24 kali pula.

GERAKAN No. 20 :
Kaki dan pantat dikeraskan, isi perut ditarik keatas, pantat didorong kebelakang-atas dengan kuat sampai tulang punggung bagian pinggang merasa panas, dilakukan 24 kali. Gerakan ini mungkin dalam bahasa Jawa dikenal dengan nama njenthit .

KEENAM : GERAKAN TULANG BELAKANG: ( 2 nomor )

Gerakan ini dimaksudkan untuk melatih dan menguatkan tulang punggung dengan jalan memutar (rotasi) tulang belakang kekanan dan kekiri.

GERAKAN No. 21 dan 22 :
” Kedua tangan diangkat masing2 lurus kesamping, kepala tetap menghadap kedepan, kedua kaki dikeraskan untuk menjaga supaya pinggul tetap ditempat tidak turut berputar. Dengan kedua tangan tetap dibidang yang rata, putar tangan kanan kedepan sekaligus tangan kiri kebelakang, kembali keposisi semula ,
” Gerakan yang sama dilakukan kebalikan, ganti tangan kiri kedepan sekaligus tangan kanan kebelakang, kembali keposisi semula, dst. berganti-ganti, dilakukan 24 kali.

KETUJUH : GERAKAN PERNAPASAN: ( 2 nomor )

Gerakan ini adalah latihan pernapasan seluruh tubuh, yang dilatih bukan saja paru-paru tetapi juga seluruh permukaan badan diberi kesempatan bernapas. Gerakan ini harus dilakukan dengan tenang, tidak boleh tergesa-gesa.

GERAKAN No. 23 :
Berdiri tegak lurus, seluruh badan ditegangkan, pukullah dengan tangan perut bagian bawah, bagian atas, dada sampai keleher untuk menyelidiki apakah bagian-bagian badan itu betul-betul tegang. Tarik napas sebanyak-banyaknya, hembuskan udara dengan kuat keluar melalui mulut sampai habis, demikian seterusnya diulang sampai 24 kali.

GERAKAN No. 24 :
Berdiri tegak lurus, seluruh badan ditegangkan. Tarik napas sebanyak-banyaknya, tahan beberapa detik, diwaktu itu bagian-bagian badan yang tidak bergerak yaitu leher dan kepala, digerak-gerakkan atau diputar-putarkan, hembuskan udara dengan kuat keluar melalui mulut sampai habis, demikian seterusnya diulang sampai 24 kali.

PENUTUP

Setelah selesai dengan gerakan No. 24, maka kita berdiri seperti biasa sambil melihat dan meraba tubuh kita kembali dengan rasa sayang, cinta, sambil perlahan-lahan menghirup hawa sejuk melalui hidung dan dengan perlahan-lahan menghembuskannya keluar.

HASIL ORHIBA

Beberapa orang yang mempunyai berbagai penyakit, setelah melakukan ORHIBA ini dalam tempo yang singkat telah bebas dari gangguan penyakitnya antara lain sebagai berikut :

  1. Orang yang menderita sakit darah tinggi, setelah melakukan ORHIBA dalam tempo 2 (dua) hari saja, telah dapat merasakan berkurang penyakitnya.
  2. Orang yang biasanya sakit pinggang (penyakit orang umur diatas 40 tahun) akan sembuh penyakitnya, setelah melakukan ORHIBA selama tiga atau 4 hari.
  3. Sakit ambeien (bawasir) akan sembuh sesudah 14 hari latihan ORHIBA dengan baik.
  4. Sakit ginjal (nieren), jantung, reumatik, pening-pening, asma, dan lain-lain penyakit yang bukan disebabkan oleh bakteri atau luka, akan sembuh apabila orang melakukan ORHIBA dengan rajin dan teratur.

HIMBAUAN

Cobalah! Kata orang asing : baat het niet, dan schaadt het ook niet. Tetapi kenyataan membuktikan bahwa telah puluhan tahun, ratusan malahan ribuan orang telah terbantu dengan ORHIBA.

Kerjakanlah dengan baik ORHIBA, yang diperlukan hanyalah kemauan. Kalau telah berhasil mencapai kesehatan yang baik, ajarkanlah ORHIBA terutama kepada keluarga, famili, dan kawan-kawan. Jadikanlah ORHIBA menjadi salah satu alat untuk memupuk kekeluargaan dan untuk membasmi semua gangguan mental dan physik. Amien.

CATATAN

Biasanya sebelum orhiba saya mulai, terlebih dahulu saya lakukan pemanasan misalnya jalan kaki ditempat, kemudian kepala digerakkan kedepan-kebelakang/kekiri-kekanan/ berputar kekiri-kekanan yang jumlah gerakannya terserah kita saja. Setelah orhiba selesai seluruhnya, biasanya saya tutup dengan tambahan gerakan senam ringan yang biasa dan mudah kita lakukan, namun tambahan gerakan senam ini baik sebelum maupun sesudah orhiba sifatnya hanya kreasi sendiri saja terserah masing2, mau pakai ya silahkan, tidak pakai ya silahkan, karena intinya di orhiba dan itu sudah lebih dari cukup jika dilakukan sesuai petunjuk, tertib dan sesuai dosis.


Responses

  1. diwilayah pamulang, tangerang apakah ada tempat berlatih.
    mohon informasinya.
    terimakasih.

  2. 1.Di pamulang, tangerang , dll. saya tidak tahu

    2.Sebetulnya dari membaca itu sudah cukup memadai utk berlatih sendiri.

  3. terimakasih atas infonya,saya harap anda dapat mengirimkan tata cara ORHIBA,melalui email saya.mohon bantuannya,krn kami sekeluarga sangat membutuhkannya,agar kami semua bisa melaksanakannya dengan baik..atas perhatiaannya saya mengucapkan terimakasih.

  4. Pak mau tanya, untuk gerakan nomor 4, itu hanya perut saja atau disertai dengan tulang punggung, pas perut dilempar kedepan/samping apa badan ikut doyong/miring kedepan/samping?

    trims

  5. dulu pernah diajarkan ke saya gerakan ke 25 yg dinamakan “olah raga darah daging”,dimana gerakannya mirip no 1 dan dilakukan 25 kali atau kelipatan 25 { 50,100,125,150 dst}.Mohon penjelasannya.

  6. Orhiba sudah lama saya cari,akhirmya nemu juga, terimakasih. Saya setiap hari melakukan tapi karena yang saya tahu gerakan tangan dan pinggul saja, ya cuma itu yang saya lakukan.

    Apakah Orhiba bisa membantu dalam menyembuhkan diabetes?

  7. Saya sendiri persisnya kurang tahu apakah dapat membantu penyembuhan diabetes apa tidak, mudah2an saja bisa asalkan orhiba dilakukan secara teratur sesuai petunjuk dan frekwensi yang tepat. Semoga.
    Selamat berlatih.

  8. Saya telah melakukan Orhiba, dulu dilatih di jl.Proklamasi Jakarta,gratis. Maka, sayapun sedia membagikan/mengajarkan dengan gratis pula.
    Orhiba sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kepribadian.Ada hal yang istimewa:
    1.dimulai dan diakhiri dengan doa menurut kepercayaannya masing2.
    2.dianjurkan untuk tidak membuat organisasi, menghindari rasa sombong.
    3.dianjurkan tidak boleh ada iuran/bayar membayar, penuh keiklasan .
    4.dianjurkan untuk tidak memakai seragam, pakaian cukup longgar ,tanpa alas kaki.
    5.yang sudah bisa dianjurkan mengajarkan gratis kepada orang lain KALAU DIMINTA.
    6.hanya menawarkan kesehatan jiwa dan badan ,tidak berhubungan dengan hal magic, klenik, kanuragan, kekebalan, dsb.
    7.menghargai unsur kerelaan, relax, sakmadyo,
    sederhana
    8.tidak mengecam tehnik olah raga/senam yg.lain. P.Soedaryono.HP.08174904789

  9. Terima kasih banyak Pak P.Soedaryono atas tambahan pembekalan bagi para pencinta orhiba. Kiranya hal tersebut sangat berguna dan dapat ditambahkan dalam artikel ini.

    Sekali lagi terima kasih.

  10. Waktu di Sekolah Dasar dulu sering ikut dan melihat orang tua saya melakukan ORHIBA setiap pagi di rumah. Sekarang usia saya menjelang setengah abad , teringat lagi dengan Orhiba. Lalu iseng-iseng saya search di komputer, ternyata mendapat info yang lengkap. Terimakasih pak, kalau ada pencatatan keanggotaan saya daftar deh…

  11. Sewaktu masih di sekolah dasar, saya hampir setiap pagi melihat atau ikut-an orang tua melakukan Orhiba. Sekarang, dalam usia mendekati setengah abad saya merasa perlu melakukannya secara intensif. Lalu saya coba “search” Orhiba di komputer, alhamdulillah menadapat keterangan yang cukup dari Blog nya pak Harmen ini. Walaupun bukan dalam bentuk organisasi, tapi kalau kumpul2 untuk kegiatan Orhiba, saya daftar deh…

  12. Terima kasih Bu atas responsnya, semoga dengan kegiatan orhiba ini dapat berguna bagi kita semua.
    Sampai saat ini saya belum gabung dengan teman teman yang lain dalam suatu kegiatan organisasi atau semacam paguyuban begitu, kelihatannya lebih pada masing masing saja, mungkin diwaktu yad ada yang inisiatip bikin perkumpulan atau apa namanya buat ajang kumpul kumpul sekaligus silaturahim. Mudah mudahan.

  13. Bahwa ORHIBA itu sangat bermanfaat bagi tubuh kita

  14. Terima kasih Bu Dian atas komentarnya dan selamat berlatih terus.

  15. Trim’s Mas Harmen (biar lebih cepet nyambung batin n salam kenal) dengan ikhlas telah menularkan pengalaman baik anda buat orang banyak. Itulah salah satu tujuan ORHIBA. Otomatis sudah menjadi ‘forum’ pelepas kangen antar ‘komunitas’ ORHIBA
    Dipertegas dengan penjelasan Mas P. Soedariyono, bahwasannya ORHIBA adalah hak setiap orang untuk mempelajari tanpa syarat apapun.
    ijinkan saya menambahkan sedikit (smoga bermanfaat)
    - ORHIBA : Olah Raga n Olah Rasa. (Olah raga sudah dijabarkan cukup jelas oleh saudara kita Mas Armen & Mas Yono) karena pada saat akan, saat bergerak, saat menutup gerakan ORHIBA kita tidak melepaskan rasa bersyukur kita kepada yang Maha Kuasa pemberi Hidup ini, bahwa kita dianugrahi badan yang penuh keistimewaan yang harus selalu kita sadari dan kita rawat hak hidupnya. sehingga melatih kita untuk setiap saat ‘sadar HIDUP’. Insya Allah IQ, EQ, n SQ kita senantiasa selalu dalam kesadaran HIDUP yang sesungguhnya.
    - ORHIBA sangat universal. tidak tergantung n bergantung pada aliran ato agama apapun. Tidak ada yang aneh ato yang ‘luar biasa’.
    = Pencapaian : Semua tergantung pada kesungguhan gerak, merasakan ‘TITIK’ gerak n konsistensi latihan. Saya lebih dulu dari Anda yang masih baru, tapi saya malas latihan n menggali sedangkan Anda lebih rajin n sungguh2. maka seperti kata Mas Harmen: 2 bulan anda berlatih pencapaian anda bisa melibihi saya yang sudah mungkin 1, 2, 3, 4 ato 10 tahun lebih dulu mengenal. Jadi tidak ada lama dan tidak ada baru. yang ada sungguh2. (makanya menurut Mas P. Soedaryono, jangan diorganisasikan formal agar salah satunya mungkin secara psikologis tidak memancing kata senior or yunior.) Forum yang tepat mungkin silaturahim, temu kangen, ngriung, ato apa saja yang semangatnya kebersamaan dalam syukur n keikhlasan.
    - Mbak Iwuk-pun boleh n sah seandainya ingin mengundang saudara2 ORHIBA untuk berkumpul.
    - Biasanya ‘hasil’ or ‘perjalanan pencapaian setiap orang berbeda. Untuk itulah sebenarnya diperlukan sekali-kali ato secara rutin ada acara ‘ngriung’. Tukar penglaman n saling mengisi. Sehingga kita semua bisa saling meningkatan kualitas ORHIBA kita.
    - Kerendahan Hati dan Syukur adalah salah satu kunci penting untuk lebih cepat bisa merasakan manfaat ORHIBA
    - Kalo mentok mencari pemahaman, bagi yang berminat saya ada kontak person yang menurut saya masih sangat dekat dengan SUMBER pelajaran ORHIBA (termasuk murid generasi I ) yaitu OM RIDUAN di jember. Alamat Rumah Jl Bromo no 1, Kalisat – Jember. Tilp 0331 – 591 440
    Beliau sangat wellcome, setiap saat bisa di hubungi. (yang pasti sering ada di hari biasa antara pkl 17.30 s/d 20.00, hari libur beliau waktunya lebih banyak Usia beliau sekitar 73 thn tapi masih segar n masih aktif bekerja)
    - Bahagia sekali bisa sambung rasa disini. Terimakasih mas Harmen n terimakasih untuk semua. Maaf jika ada salah.
    - Nuwun

    • pak yoyon, salam kenal saya pak nyoman dari bali, th 1987 waktu itu saya masih SD, cuma bapak saya dan keluarga saya semua ikut ORHIBA dan waktu itu ada yg datang kekampung saya mengajarkan ORHIB namanya bapak sukamto, hampir 99%warga ikut cuma yang saya tahu dri beliau yang di ajarkan cuma memutar tangan sikap tanang, sikap hidup, bayangkan wajah kita, bayangkan langit biru angkat tangan putar searah jarum jam,kurang lebih 15 menit, setelah saya buka artikel ini sekarang saya menemukan wajah baru di ORHIBA karena saya inggin sekali m,endalaminya dan orang tua saya sekarang sakit Ginjal bisa kah saya mendapatkan VCD nya dari Bapak, tks

      salam

      pak nyoman

  16. Terima kasih Mas Yoyon dan juga buat semua saja yang telah menaruh perhatian pada artikel ORHBA ini dengan memberi masukan, tambahan, saran, komentar demi sempurnanya pemahaman kita mengenai ORHIBA.
    Bahwa, dalam tingkatan yang lebih lanjut kesehatan jiwa raga diri pribadi kita ternyata tidak hanya dari hasil olah raga saja tetapi juga dari intensitas pergaulan dan komunikasi sosial diantara kita atau silaturahim. Bentuk silaturahim yang kita lakukan bisa kita lakukan dengan berbagai cara dan ragam serta media, misalnya bisa ketemu langsung atau melalui dunia maya atau bentuk lainnya, yang penting tidak mengikat dan happy.
    Jadi monggo, kita tingkatkan latihan ORHIBA serta kita tingkatkan tali silaturahim diantara kita dengan cara dan media yang kita sukai.
    Salam dari kami.

  17. salam sejahtera pak Harmen Kusuma
    apakah sudah ada wadah komunitas orhiba utk daerah Tegal? mohon bantu informasinya.
    terimakasih

  18. Terima kasih Pak Mulyadi dan salam kenal,
    Untuk wadah komunitas Orhiba di daerah Tegal sudah ada atau belum saya kurang tahu, mudah2an sudah ada, biasanya para orhibawan/orhibawati ini low profile sehingga kurang dikenal.

  19. Alhamdulillah
    Terima kasih pak Harmen.
    Patut kami syukuri meski baru terhitung jari dlm berlatih Orhiba, namun cukup terasa efek positif bagi jiwa raga, itupun masih sgt minim krn byk gerak yg tentu blm sesuai dgn yg sehrsnya, krn baru sebatas daya menangkap dr teori di Orhiba.
    Pak Harmen, apa ada komunitas di sekitar Jateng?
    Dan apa ada vcd Orhiba, dimana kami bisa mendapatkannya?
    Terima kasih, dan salam bagi segenap pembina Orhiba dimanapun berada.
    Wassalam

  20. Pak Mul,
    Saya sendiri juga kurang tahu di Jateng ada komunitas orhiba apa tidak, setahu saya yang paling maju orhibanya itu di Jember, disana banyak pakar2nya, mungkin pak Mul dapat berkomunikasi terutama dengan Pak Juwono (Yoyon).
    Mengenai VCD saya juga belum mengetahuinya.
    Terima kasih, mari kita terus berkomunikasi untuk menambah teman dan persaudaraan.

  21. Terimakasih byk, pak Harmen atas waktu, penjelasan, arahan serta petunjuknya.
    Bagi para Orhiba wan/wati, sy (pemula) tunggu masukannya.
    Tks & salam.

  22. Salam tenteram,
    Saya dianjurkan :
    1.Gerakan orhiba disyukuri, dinikmati,tidak ngoyo.
    2.Memasukkan udara dari lubang hidung dan
    menghembuskannya lewat mulut.
    3.Selama bergerak mata tertuju pada satu
    obyek/titik didepan agar otot mata terlatih.
    (kecuali gerak membungkuk pegang ujungjari
    kaki dan membentangnya itu).
    Terutama gerak terakhir,memutar leher ,mata
    biasanya cenderung mengikuti garakan kepala,
    jangan turuti , tetapi mata tetap pandang ketitik
    depan itu. Memutarnya leher jangan cepat,
    tetapi pelan saja.
    Terimakasih atas perhatian.
    Paulus Soedaryono.

  23. Terima kasih sekali Pak P.Soedaryono atas catatan tambahannya, tentunya ini akan sangat bermanfaat dan semakin menyempurnakan semangat kita, termasuk gerakan2nya.

  24. Salam sejahtera, Semakin lbh jelas bagi pemula dgn masukan2, ada 1 hal kiranya mohon penjelasan atas input pakYon, 7 Apr poin3, dimana mata tertuju kesatu titik di dpn kec u/ GERAK MEMBUNGKUK PEGANG UJUNG JARI KAKI. Jurus yg ke brp dgn posisi bungkuk tsb. Terimakasih. (Maaf, tdk ada maksud selain ingin tahu lbh lengkap).
    Wassalam

  25. Monggo, silahkan Pak Yon untuk dapat diberikan penjelasan yang tidak hanya bermanfaat untuk Pak mulyadi saja tapi juga akan berguna bagi kita semua.

    Terima kasih

  26. GERAKAN MEMBUNGKUK PEGANG UJUNG JARI KAKI ADALAH GERAKAN NO.23 ( TERPAKSA MATA IKUT MELIHAT KEBAWAH WAKTU MEMBUNGKUK).
    Salam. P.Soedaryono 08174904789

  27. Terimakasih atas masukannya, pak Yon. Adapun gerakan no 23 dlm Orhiba yg baru saya pahami berdasar panduan merupakan GERAKAN PERNAPASAN. Namun yg jelas gerakan yg bpk terangkan dpt BERMANFAAT & MELENGKAPI gerakan dr jurus2 Orhiba.
    Terimakasih.
    Wassalam.

  28. salam kenal dan bahagia semuanya….
    saya bersyukur karena saat ini banyak bermunculan blog-2 baru mengenai pelajaran ORHIBA…
    secara pribadi ORHIBA sudah sangat-2 membantu dasyatnya cobaan hidup yang silih berganti…terlalu panjang kalau di tuliskan di sini…:)
    salam kenal pak harmen…
    bapak begitu lama mengenal ORHIBA…
    sekedar info secara garis besar yang saya tau…
    ORHIBA adalah olah raga yang berupa karunia yang di turunkan kepada Bapak pokok ( Urbanus Tatu saerang ) ,tahun 60-65 adalah masa di mana olahraga ini menjadi olahraga yang sangat populer….saya beruntung mendapat pengetahuan ini 5 tahun yang lalu dari bapak Haji Sirat (termasuk murid awal ),yang seangkatan beliau adalah bapak ripin,khong wat,pak kamto(mantan kapolri), dan ribuan lagi murid beliau…dari pak kamto orhiba lebih di kenal dengan olahraga tunggal,gerakan putar tangan ke arah belakang saja…
    mengenai pak riduan(beliau mengenal olahraga dari pak ripin)…untuk kesehatan…bapak haji sirat(pembimbing orhiba saya) mengatakan dengan melakukan olahraga orhiba 24..percaya atau tidak…sakit kita akan sehat kembali…tapi sebaiknya kalau ingin mempelajari lebih dalam tentang orhiba sebaiknya kita berlatih olahraga hidup daging dulu…setelah mampu minimal 200 gerakan baru olahraga sempurna(orhiba 24 gerakan)…saat ini saya juga masih memperdalam olahraga orhiba dan mulai dari nol lagi via mas im(beliau telah di tunjukkan olahraga orhiba yang sebenarnya secara gaib oleh bapak pokok pada tahun 2003),setelah 20 tahun ber olahraga orhiba 24 gerakan…
    kalau kita tekun melakukan olahraga ini… selain sehat..anda akan mendapatkan sesuatu yang lebih dari yang anda bayangkan selama ini…saya hanya bisa bilang…olahraga ini benar-2 sangat membantu hidup saya…
    kalau pikiran,perasaan dan ingatan menjadi satu…andalah yang nantinya”punya kehendak”…saya hanya bisa mencontohkan simplenya, bendungan karangkates adalah pusat pembangkit listrik dan di atas ruang kerja saya ada lampu yang menyala terang….dengan olahraga orhiba secara baik dan benar..kita sudah membangun kabel besar sebagai penghubung aliran dari karangkates ke rumah…makin teratur kita berolahraga ORHIBA..makin besar kabel yang kita buat…sehingga bisa kita gunakan untuk menyalurkan lampu listrik ke rumah-2 yang lain tanpa takut kebakar….kalau kabel penghubung kuat…kita bisa hidupkan lampu kapanpun kita membutuhkan…dan semuanya adalah proses…
    terimakasih…dan mohon maaf kalau tanggapannya kurang berkenan bagi semuanya…

    • Salam Kenal Bapak putu, betul saya adal pak nyoman yang sanagt ingin mendalami mempelajari HORBA karena saya tahun 1987 di ajarkan oleh Bapak sukamto hanya memutar tangan saja nah sekarang saya ingin mendalaminya kalau boleh bapak putu suardana memberikan arahan atau jalan buat saya agar bisa mendalaminya, tks

      salam

      nyoman

  29. Salam kenal kembali Pak Putu Suardana,
    Terima kasih atas tambahan informasinya, sehingga semakin meningkatkan dan menyempurnakan pengetahuan kita mengenai orhiba. Dulu saya pernah dengar kalau orhiba ini telah dilakukan oleh Bung Hatta sejak lama namun kebenarannya saya kurang tahu persis.
    Beberapa tahun yang lalu saya pernah mencoba menghubungi pengurus komunitas orhiba di Jakarta yang beralamat di Mampang arah Warung Buncit, saya di beri brosur mngenai gerakan orhiba yang memang berupa gerakan tunggal yaitu gerakan putar tangan kebelakang saja, namun yang penting semangat dan inti dari orhiba itu sendiri yang harus dihayati dengan se baik2nya sehingga maksud dan tujuan ber orhiba ini dapat tercapai.
    Sekali lagi terima kasih.

  30. salam hangat pak…benar pak…yang penting semangat dan intinya,ORHIba 24 gerakan atau gerakan tunggal…kalau ada rekan-2 yang berminat olahraga orhiba 24 gerakan saya ada gambarnya…
    trims pak…senang sekali bertemu komunitas Orhiba secara online

  31. Bagus sekali.. Saya baru dengar nama ORHIBA ini.., saya coba baca artikelnya dengan pelan2.., Barangkali ada sukwan (sukarelawan) yang bisa membua CD-nya..?? Trima kasih untuk semuanya..

  32. Saya tiap hari LAKUKAN ORHIBA SEBAGAI PEMANASAN, KEMUDIAN SENAM YG LEBIH BERAT.
    UNTUK JAGA KESEHATAN TUBUH. BERKERINGAT.
    ALHAMDULILLAH. TERIMAKASIH.

  33. Selamat ber Orhiba Pak MZ Arifin, semoga semakin sehat wal afiat, silahkan diteruskan secara rutin dengan penuh kegembiraan.
    Terima kasih.

  34. Terima kasih Pak Harmenk atas petunuknya ..setelah mencoba untuk latihan saya sangat merasakan ada perobahan kondisi tubuh saya
    terima kasih
    Salam

  35. Terima kasih kembali Pak Ketut Sudita, silahkan berlatih dengan teratur dan penuh kegembiraan semoga bermanfaat. Jika tidak keberatan tolong keluarga dan teman teman diajak berlatih juga. Sekali lagi terima kasih.
    Salam dari kami

  36. Saya baru mempraktekkan nya sekali, dan masih belum kelihatan hasilnya

  37. Meskipun baru satu kali mempraktekkan itu sudah bagus setidak tidaknya mulai mengenal orhiba, jika tertarik dan mempraktekkan sesuai anjuran mudah mudahan ada gunanya. Terima kasih.

  38. Salam, saya mohon informasi alamat tempat berlatih orhiba di jember kota. Saya ingin belajar orhiba. Terima kasih.

    • Di jember dapat berlatih di kalisat, Panti,lengkong atau di perumahan jember permai di sebelah selatan universiats seruji di rumah Bp. Gustono.

  39. Mohon maaf saya kurang tahu, mudah2an teman teman pengunjung blog ini dapat menginformasikan kepada mas Swajaya.
    Terima kasih.

  40. Salam Asih buat mas Hmk,dan buat komunitas Orhiba,selamat berlatih,semoga bermanfaat.buat Purnama yasa,syaratnya,yakin setia percaya jujur dan asih.Usahakan untuk pertama kali melakukan gerakan di tuntun oleh teman / orang yg duluan mengetahui Orhiba,agar manfaatnya cepat dirasakan.Mas Hmk mau tanya dikit,mengapa gerakan sempurna ( gerakan 24 ) tdk di lakukan lagi? karena saya terkadang sedikit jenuh dengan gerakan tunggal,trims atas tanggapannya.

  41. Salam asih kembali untuk mas Made Mangku, terima kasih atas tambahan masukan terutama mengenai hal yang perlu diperhatikan bagi yang baru memulai latihan orhiba. Adapun gerakan yang ditanyakan itu mudah mudahan ada diantara orhibawan atau orhibawati yang bisa membagikan ilmunya kepada kita semua khususnya kepada penanya yaitu Pak made Mangku. Atas kerelaannya diucapkan terima kasih.

  42. numpang info pak Hmk….
    hingga saat ini kami beserta rekan-2 komunitas orhiba masih melakukan olahraga sempurna(24 gerakan)..hampir setiap hari..bagi rekan-2 di bali yang berminat bisa hub kami…terimakasih

  43. Pak Putu,kalau boleh tolong alamat bapak / alamat tempat bpk latihan di kirim ke email saya,made_mangku@yahoo.co.id kalau alamat bpk di denpasar / badung,mungkin saya bisa ikut latihan di tempat bpk,kami tinggal di desa Dalung,terima kasih.

  44. Ass.Wr.Wb.

    Harmen yth……
    Saya mau bertanya……Dimana saja tempat berlatih ORHIBA yang terdekat yang bisa saya jangkau atau kunjungi ?…..Saya tinggal disekitar lapangan terbang Pondok Cabe ( Cirendeu )….Apakah ada buku paduan tentang tata cara melakukan ORHIBA ?…..
    Terimakasih atas informasinya…………

    Wass.Wr.Wb.

    RIZAL ASIRDIN

  45. Terus terang saya kurang tahu persis tempat berlatih ORHIBA yang ada di Jabodetabek ini khususnya disekitar Pondok Cabe. Dulu saya pernah kontak dengan komunitas orhiba yang ada di jalan Mampang Prapatan (kalau tidak salah 14) dekat jembatan penyeberangan tapi alamat persisnya dan nomor tilponnya sudah hilang. Sebetulnya kalau berlatih sendiri juga bisa asal diikuti saja petunjuknya, sebab petunjuk itu sudah saya modifikasi sedemikian rupa sehingga mudah dipahami. Selamat berlatih. atau barangkali ada teman teman yang bisa memberi info ? Tks.

  46. saya mau memopulerkan ORHIBA dan berniat jadi pealthnya di banda aceh. bagaimana caranya ya

  47. orhiba sungguh hal yang sangat2 luar biasa, sesuatu yang sehat kuat jg hidup akan selalu ada di kehidupan kita jg disertai hal2 yang indah mewah jg kebahagian yang hakiki sebagai manusia sejati,saya banyak mendapatkan hal2 yang luar biasa dari orhiba ini.

  48. buat pak made mangku..alamat saya di denpasar hp:08123999284,dari info mas im..daerah banyuwangi selatan masih banyak yang melakukan olahraga 24(orhiba 24 gerakan)…

  49. Hallo, rekan rekan khususnya di Banda Aceh silahkan untuk dapat membantu rekan kita Pak Lie Byan Heng.
    Terima kasih kepada rekan kita Pak Suyanto atas komentarnya, dan selamat berlatih dengan penuh kegembiraan.
    Buat Pak Made, silahkan ditindak lanjuti info dari Pak Putu ini.
    Terima kasih.

  50. saya telah mengirim surat ke ORHIBA jakarta, memohon agar dibuka cabang ORHIBA banda aceh. apakah kira-kira ada yang terbeban ya melatih kami soalnya saya susah kalau cuma baca buku aja. lebih mantap latihan langsung. mungkin ada anggota dari medan yang bisa bantu

  51. Halo… halo…. rekan rekan di Banda Aceh semoga bisa membantu Pak Liebyanheng, silahkan

  52. selamat pagi, saya pernah kirim surat ke ORHIBA Jakarta. namun kenapa ya sampai sekarang kok belum di balas juga. padahal saya rindu untuk. mempopulerkan ORHIBA di banda aceh. apakah ada rekan-rekan yang bisa bantu? mohon kontak saya di +6281392085547. thanks ya

    • HP.0852 6077 5796

  53. selamat pagi, bagaimana menghadirkan ORHIBA DI BANDA ACEH. apakah ada rekan-rekan yang bisa bantu? mohon kontak saya di +6281392085547. thanks ya

  54. Menurut hemat saya ada dua aliran dalam orhiba, olahraga sempurna 24 dan olahraga tunggal 200.
    Saya cuma dapat dengar bahwa olah raga sempurna 24 sudah tidak dianjurkan lagi dan diganti dengan olahraga tunggal 200. Perbedaan dasar pada ke dua jenis olahraga ini adalah pada kaitannya dengan pemurnian hak hidup manusia. Ke duanya menyerap sumber hidup dari alam, Jika olahraga sempurna masih melibatkan kekuatan di luar tubuh manusia untuk proses penyelarasan diri dengan alam, sedangkan olahraga tunggal 200 menekankan kepada kemampuan murni manusia untuk menyelaraskan diri dengan alam.

    • ada yang tahu tentang olah raga bahasa asing (bahasa Ruh) bagian/tahap dari ORHIBA..?….setelah kita berhasil mencapai kondisi badan sehat yang sempurna konon kita bisa mengusai bahasa rohani yang bisa diucapkan langsung dengan mulut layaknya kita berbicara, latihan bahasa ini bisa mengaktivasi rohani kita konon juga bisa menyerap energy alam…mentranfer energy kita kepada sesama sehinngga dapat digunakan sebagai pengobatan.

    • Mungkin bukan aliran yang berbeda antara olah raga dasar yang 24 dengan olah raga tunggal, tetapi tahapannya yang berbeda. Olah raga 24 adalah olah raga dasar dalam orhiba dan olah raga tunggal adalah tahapan berikutnya, tetapi karena kesibukan banyak orang 2 sudah meninggalkan olah raga 24 dan hanya melakukan olah raga tunggal bahkan ada yang mengenal olah raga tunggal saja di orhiba.

  55. Terima kasih kepada Pak S Prakosa dan Pak Fik Hidayat, dengan demikian pengetahuan kita mengenai orhiba semakin lengkap dan yang penting marilah kita amalkan dengan penuh kegembiraan.

    • Sama sama pak, salam kenal.
      @ pak fik hidayat setahu saya bahasa rohani salah satu pembuktian dari kebenaran olahraga 24. Sekedar info saya menurut update yang baru saya dapat, kuasa yang di pakai dalam olahraga sempurna 24 berbeda dengan kuasa yang dipakai dalam olahraga 200 tunggal. Sama2 berinduk kepada Bapak Pokok tetapi jurusan berbeda.

    • memang begitu olah raga sempurna 24 memakai kuasa atas dan bawah sedang olah raga tunggal memakai kuasa dalam diri kita sendiri…pada dasarnya ibarat sebuah lingkaran kebenaran, perbedaannya hanya terletak pada bagian mana kita mendapat kuasa, tetapi tetap berada dalam lingkaran itu sendiri…bagi yang sudah menjalankan orhiba dan sudah merasakan mamfaatnya untuk diri sendiri maka kini saatnya kita mulai beranjak untuk menolong sesama menyalurkan kuasa untuk orang-orang yang kita cintai di sekitar kita dengan tulus tanpa hasrat ingin diberi…sayangi sesama layaknya menyayangi diri sendiri.salam kasih

  56. Terima kasih kepada Pak S Prakosa dan Pak Fik Hidayat, dengan demikian pengetahuan kita mengenai orhiba semakin lengkap dan yang penting marilah kita amalkan apa yang telah kita ketahui dengan penuh kegembiraan.

  57. sedikit juga tanggapan dan meluruskan olah raga 24 adalah pondasi dasar dalam orhiba, bagi saya wajib lebih dulu melakukan dan menyempurnakan olah raga 24 sebelum melangkah ke olah raga tunggal,olah raga badan danging, olah raga ghaib dan lain-lainnya….macam olah raga dalam ORHIBA ibarat lautan tak bertepi,… olah raga tunggal hanya bagian kecil ditengah luasnya samudera. kuasa yang akan menuntun kita menjelajahinya…dan semuanya harus dimulai dengan menyempurnakan gerakan 24 tanpa pondasi jangan pernah bermimpi bangunan akan kuat…gerakan 24 adalah pondasi dasar untuk mengarungi luasnya samudera….salam kasih.

  58. Kepada yth, Sdr Harmen Kusuma,dan Rekan2 se Orhiba yg saya hormati, Saya pribadi yg telah lama mengikuti Orhiba sekitar tahun 1970 saya pernah dilatih olahraga dasar oleh pak Sunar Wibowo dan dilanjutkan Pak Suawardi bapak dari Mas Riduwan dan melanjutkan pelajaran hidup,sehingga mesti setiap bulan adakan pertemuandi Kalisat dirumah pak Suardi beberapakali ada pertemuan di Galekan,Oleh Bapak Tatu Saerang sebagai pencipta Orhiba selain dlm rangka pelajaran penting,demikian sedikit tentang pribadi dalam mengikuti pelajaran hidup,sampai sekarang saya tetap melakukan Orhiba 24 kali gerakan selainya Olahraga Tunggal atau istilahnya olahraga satu gerakan,menurut saya pribadi tidak ada masalah mau olah raga yg mana, tapi Orhiba 24 kali gerakan sangat penting untuk menyelaraskan olahraga selanjutnya karena ini olah raga dasar.Kiranya sekian dulu tanggapan saya,marilah kita berOrhiba, agar badan sehat,segar bugardan hidup,terima kasih kepada pak Harmen atas kesempatan yg diberikan dengan tanggapan sayamelalui web site.

  59. Yth. Mas Hari Pratikno, terima kasih atas komentar dan catatan mengenai kegiatan orhiba yang telah dilakoni sejak 1970 apalagi ilmunya diperoleh langsung dari suhunya. Tentunya pengalaman mas Hari ini dapat menjadi tambahan semangat bagi kita semua dan semakin manteb untuk berorhiba.

  60. Yth,Sdr Harmen, saya pribadi,sangat terkesan dng sdr Harmen adakan tanya jawab yg terkesan sangat membantu dlm pengembangan Orhiba kemasyarakat luas melalui online dan termakasih sekali kalau saya dapat sedikit memberi semangat, dalam mewujutkan cita2 luhur sdr Harmen untuk menyehatkan masyarakat dlm membetuk manusia baru,yg bebas dari sakit jasmani,dan jiwani,melalui Orhiba,dng demikian akan membebaskan ketergantungan dng obat2an, in sangat membantu kemasyarakat luas.Sdr Harmen kalau saya katakan,bukan soal lama atau baru dlm mengikut Orhiba tapi semangat untuk meluaskan Orhiba itu yg paling penting ,bukan lagi sebagai ilmu untuk diri sendiri melainkan sesuatu pelajaran penting yg harus kita sebar luaskan demi menuju manusia baru seutuhnya, selamat bejuang sdr Harmen, salam hidup dan asih dari saya.

  61. senang sekali bertemu dengan banyak orang yang ikut orhiba saya baru 2 bulan ikut jadi tambah semangat menjalaninya

  62. Pak Harmen,
    Mohon permisi menjawab pertanyaan pak Rizal Asirdin yang di Pondok Cabe, tanya tempat berlatih orhiba.
    Kalau pak Rizal sudi, dapat rawuh ke saya, kita bagi latihan bersama, gratis pak.
    Atau kalau bapak kersa, saya bersedia sowan pak Rizal, dimana ?
    Paulus Soedaryono -Pondok Betung Bintaro.
    HP 08174904789

  63. Monggo Pak Soedaryono silahkan, bahkan ini akan sangat membantu sekali, karena forum ini terbuka bisa saling tukar pikiran dan tukar pengalaman untuk kemajuan orhiba.

  64. Kebetulan nemu web milik Pak Riduwan mengenai gerakan Orhiba 24 www dot orhiba dot info ( http://www.orhiba.info ) silakan yang mau cari referensi.

  65. salam kenal semuanya. Saya Rudy ,mohon tanya utk daerah Pare atau kediri dimana saya bisa belajar senam orhiba. Kalo ada yg tahu tolong sy dikabari bs lwt sms, 085649499544 . Suwun.

  66. di dalam ORHIBA tidak ada dualisme. dan tidak dipungut uang pangkal atau iuran bulanan, jika ada yang berminat, hubungi H. Marsudi, Kalissat, telp. 0331-591670, dan saudara Jakfar, Sukowono, telp 0331-7706602, hp 082141296080.
    Tujuan ORHIBA: hidup sehat, jiwa sehat, rohani sehat.

  67. Orhiba bisa ciptakan Keseimbangan/Kedamaian dalam diri sehingga tercipta harmoni kesehatan/Keindahan/Kemakmuran dalam diri manusia yang seutuhNya, yg menjadi hakiki Manusia,. jika Orhiba semakin di kenal luas, dng Iklas, Bangsa ini, akan bebas Korupsi, dan Konflik Horisontal & Vertical, ORHIBA bisa ciptakan Kedamaian yg perlu di tularkan energy positifNya, demi tujuan Orhiba sendiri,.Salam Hormat utk smua, terutama dgn Pak Jafar di Sukowono,.Maturnuwun Hermawan Jogja (0274) 8366208 dan Hp: 081931790599

  68. LAGU ORHIBA.
    Ma – ri Or-hi –ba ge –rak –kan du – a le – ngan -mu ber – pu –tar
    3 3 3 4 5 3 1 3 5 5 4 3 4 2 7 2

    Lu – rus ke –bla – kang cu –kup –lah ber-hen – ti du- lu si – ap – lah
    2 2 2 3 4 2 7 2 5 4 3 2 1 7 6 5

    lengan

    2).Mari orhiba gerakkan dua lenganmu berputar
    Lurus ke depan cukuplah
    Berhenti dulu siaplah
    Kaki kanan
    3). Mari orhiba gerakkan kaki kananmu tendangkan
    Lurus ke depan cukuplah
    Berhenti dulu siaplah

    4). Mari orhiba gerakkan kaki kananmu tendangkan
    Lurus ke samping cukuplah
    Berhenti dulu siaplah

    5). Mari orhiba gerakkan kaki kananmu tendangkan
    Lurus ke blakang cukuplah
    Berhenti dulu siaplah
    Kaki kiri
    6). Mari orhiba gerakkan kaki kirimu tendangkan
    Lurus ke depan cukuplah
    Berhenti dulu siaplah

    7). Mari orhiba gerakkan kaki kirimu tendangkan
    Lurus ke samping cukuplah
    Berhenti dulu siaplah

    8). Mari orhiba gerakkan kaki kirimu tendangkan
    Lurus ke blakang cukuplah
    Berhenti dulu siaplah

    Bahu
    9). Mari orhiba gerakkan dua bahumu putarlah
    Arah ke depan cukuplah
    Berhenti dulu siaplah

    10). Mari orhiba gerakkan dua bahumu gantian
    Naik dan turun cukuplah
    Berhenti dulu siaplah

    11). Mari orhiba gerakkan dua bahumu putarlah
    Arah ke blakang cukuplah
    Berhenti dulu siaplah

    Perut
    12). Mari orhiba gerakkan sluruh perutmu kembungkan
    Arah ke depan cukuplah
    Berhenti dulu siaplah

    13-14). Mari orhiba gerakkan sluruh perutmu kembungkan
    Kekanan kekiri cukuplah
    Berhenti dulu siaplah

    15). Mari orhiba gerakkan sluruh perutmu kempiskan
    Arah ke blakang cukuplah
    Berhenti dulu siaplah

    Pinggul
    16). Mari orhiba gerakkan sluruh pinggulmu jungkitkan
    Arah ke depan cukuplah
    Berhenti dulu siaplah

    17-18)). Mari orhiba jinjit jatuhkan tumitmu gantian
    Naik dan turun cukuplah
    Berhenti dulu siaplah

    19). Mari orhiba gerakkan sluruh pinggulmu jungkitkan
    Arah ke blakang cukuplah
    Berhenti dulu siaplah
    Pinggang
    20-21). Mari orhiba gerakkan sluruh pinggangmu putarlah
    Kiri dan kanan cukuplah
    Berhenti dulu siaplah
    Punggung
    22). Mari orhiba gerakkan sluruh punggungmu lemaskan
    Bungkuk dan tegak cukuplah
    Berhenti dulu siaplah
    Leher.
    23-24).Mari orhiba gerakkan otot lehermu berputar
    Kiri dan kanan cukuplah
    Berhenti dulu siaplah

    14). Mari orhiba gerakkan kaki kananmu tendangkan
    Lurus ke depan cukuplah
    Berhenti dulu siaplah

    15). Mari orhiba gerakkan kaki kananmu tendangkan
    Lurus ke depan cukuplah
    Berhenti dulu siaplah

    16). Mari orhiba gerakkan kaki kananmu tendangkan
    Lurus ke depan cukuplah
    Berhenti dulu siaplah

    17). Mari orhiba gerakkan kaki kananmu tendangkan
    Lurus ke depan cukuplah
    Berhenti dulu siaplah

    18). Mari orhiba gerakkan kaki kananmu tendangkan
    Lurus ke depan cukuplah
    Berhenti dulu siaplah

    19). Mari orhiba gerakkan kaki kananmu tendangkan
    Lurus ke depan cukuplah
    Berhenti dulu siaplah

    20). Mari orhiba gerakkan kaki kananmu tendangkan
    Lurus ke depan cukuplah
    Berhenti dulu siaplah

    21). Mari orhiba gerakkan kaki kananmu tendangkan
    Lurus ke depan cukuplah
    Berhenti dulu siaplah

    22). Mari orhiba gerakkan kaki kananmu tendangkan
    Lurus ke depan cukuplah
    Berhenti dulu siaplah

    23). Mari orhiba gerakkan kaki kananmu tendangkan
    Lurus ke depan cukuplah
    Berhenti dulu siaplah

    24). Mari orhiba gerakkan kaki kananmu tendangkan
    Lurus ke depan cukuplah
    Berhenti dulu siaplah
    Kiriman Paulus Soedaryono
    HP: 08174904789

  69. Ralat ,Maaf No 14 sampai no 24 terulang salah kirim. Harap no 14 sd 24 yang bawah dianggap hapus.
    Trimakasih dan maaf.
    P.Soedaryono.

    • Matur nuwun sekali pak P. Soedaryono, ini lagu perlu disebar luaskan keseluruh orhibawan dan orhibawati dimana saja berada. Ngomong2 ini ciptaan sendiri ya, wah kalau begitu salut sekali. Mari kita latih bersama.

  70. Salam ORHIBA, salam kenal dari saya yang baru ikut olah raga ORHIBA dan sudah dapat saya rasakan manfaatnya buat kesehatan sehari-hari, badan selalu fit (sehat). Saya bersama dengan senior-senior di Singaraja – Bali saat ini sedang mengembangkan gerakan ORHIBA dengan satu macam gerakan tangan saja, ratusan orang sudah masuk dari wilayah singaraja. Mudah-mudahan semakin banyak orang yang ikut ORHIBA demi menjaga kesehatan jiwa & jasmani tanpa biaya.

  71. Salam Hidup dari saya & keluarga,

    Sekitar 500 orang warga ORHIBA dari kabupaten Buleleng – Singaraja – Bali, ikut olah raga bersama dalam peringatan 70th munculnya sejak 08-Agustus-1941, disaksikan oleh Ibu Rampeang dari Jawa Barat (perwakilan pengurus pusat Ibu Sita), Bpk. Jaya Negara (ketua yayasan Buleleng), Bpk. Made Yastina (pelatih ORHIBA Bali).

    Begitu banyak kesaksian dari warga ORHIBA terutama yang telah merasakan secara langsung manfaatnya sangat mendorong semua warga untuk tetap tekun dan setia melakukan olah raga.

    Pak Gede Ker (panggilan) dari Tenaon-Desa Alasangker, sudah menikah 8tahun tapi belum bisa punya anak, tetapi setelah mengikuti ORHIBA selama 5bulan saja sekarang istrinya sudah bisa hamil 3bulan.

    Pak Jreng (panggilan) dari Desa Busungbiu, sudah beberapa kali bolak-balik ke Jakarta untuk operasi batu ginjal tetapi keluhan sakit pinggang & perutnya selalu saja menggangu, tapi setelah ikut ORHIBA selama 1(bulan) sekarang sudah sehat walafiat dan sudah bisa membawa sepeda motor jarak jauh tanpa keluhan sakit, dan nafsunya juga kembali jreng katanya.

    Pak Raka dari Tenaon – Desa Alasangker, sudah sejak 1995 menderita diabetes (kencing manis) dan ada sedikit gangguan jantung, tetapi baru 4minggu ikut ORHIBA seluruh obat yang dibeli sudah tidak pernah diminum lagi, dan menurut pengakuannya nafsu sex nya juga kembali normal yg dulunya loyo (pegangan hidup).

    Pak Made dari Desa Munduk – Busungbiu, tangan dan kakinya patah tulang disarankan untuk operasi oleh dokter, namun dia agak kawatir akhirnya ikut melakukan ORHIBA dan sekarang tangan dan kakinya sudah kembali seperti sediakala.

    Istri Pak Gede Adnyana dari Desa Munduk – Busungbiu, sudah lama mengidap kista dan kanker payudara sehingga sulit punya anak walaupun sudah ke dokter dan ke paranormal, tetapi dengan ikut ORHIBA beberapa bulan sedikit demi sedikit benjolannya hilang dan kistanya lenyap dan akhirnya sekarang sudah punya anak, dan tanpa mendapat imunisasi tetap sehat gemuk menggemaskan.

    Masih banyak lagi kesaksian warga yang sangat nyata dan memang agak sulit dipercaya secara ilmiah maupun akal sehat, tapi itulah kenyataannya.

    Ayo pikir apalagi, sebelum sakit seperti mereka atau mau sembuh tanpa obat & gratis dari kuasa Tuhan melalui zat biru alam semesta, mari bersama kami berlatih ORHIBA setiap hari, pasti akan sehat selamanya.

    Terima kasih,
    Salam Hidup
    Gede Suprayadnya
    Hp. 081338558261

  72. Saya senang sekali membaca berbagai tanggapan tentang ORHIBA yang dipublikasikan oleh Pak HermanK. Salam kenal untuk Pak Herman. Saya juga seorang pelaku ORHIBA. Dari pengalaman teman-teman yang melakukan ORHIBA dapaty disimpulkan secara empiris bahwa segala penmyakit karena gangguan fungsional (fungsi organ tuibuh terganggu) dapat disembuhkan dengan ORHIBA. Keberhasilan itu ditentukan oleh kesungguhan hati setiap pribadi untuk menjalankan ORHIBA.
    Salam Asih Dalam Hidup untuk semua Saudara ORHIBA.
    Dari :
    Sudjaya/Wisma -2ku Warga ORHIBA Dusun Tengkulak kaja,Desa Kemenuh/Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali. 3 Oktober 2011

    • Terima kasih pak Gede Suprayadna dan pak Ngurah Sudjaya atas laporannya dan juga kepada teman teman orhibawan/orhibawati yang lain selamat atas ketekunannya berlatih, marilah kita semakin giat berlatih secara teratur.

  73. Salam Asih Dalam Hidup untuk Pak HermanK dan para Pembaca. Ada komentar dari pembaca, yang mempertanyakan ORHIBA dengan gerakan 24×24 dan ORHIBA dengan Gerakan Tunggal, yang sekarang disebar luaskan oleh Yayasan ORHIBA Pusat, berupa Olah Raga Badan Daging Melihat Langit Biru.
    Olah Raga 24×24 atau Olah Raga Sempurna, sebenarnya merupakan olah raga hidup yang sangat baik untuk memelihara kesehatan fisik dan mental. Namun karena gerakannya banyak, memerlukan waktu yang agak panjang dan perlu mengingat urutan gerakan yang harus dilakukan. Jadi bagi yang memang tertarik dan mempunyai motivasi yangkuat untuk sehat, Olah Raga Sempurna memang baik sekali untuk dijalankan.
    Olah Raga Badan Daging Melihat Langit Biru atau Olah Raga Tunggal, merupakan olah raga lanjutan, yang tujuannya untuk membangun keyakinan kepada Badan Daging Sendiri sebagai Ciptaan Hidup dari Tuhan Yang Maha Esa. Soal kesehatan, sudah bukan persoalan yang utama, yang dituju lebih mendalam lagi dari sehat. Apa itu, adalah arti Hidup secara Badan Daging. Pada masa lampau, sebel;um tahun 1970, memang diwajibkan setiap yang ber-ORHIBA harus mulai dengan Olah Raga Sempurna, Olah Raga 24×24. Setelah dapat melakukannya dengan gerakan penuh, yaitu setiap berolah raga harus mengambil gerakan lengkap 24×24, lalu sudah melakukan dengan tertib 3 (tiga) kali sehari, selama 30 (tiga puluh hari) tanpa ada yang kosong, barulah boleh mengambil OLAH RAGA TUNGGAL.
    Mudah2an bermanfaat.
    Salam hidup.
    Sudjaya.

  74. Kalau boleh komentar, sungguh kata2 sdr Ngurah, merupakan keadaan dimana pada waktu itu orang2 latihan diwajibkan untuk berolah raga sempurna yaitu olah raga 24×24,inilah yg dikatan sdr Ngurah memang benar2 terjadi pada diri saya sendiri pada waktu itu th 1970, memang olah raga sempurna in merupakan benar2 olah raga dasar ,,karena yg dilatih seluruh organ2 tubuh yg didalm , maupun pernapasan seluruh tubuh dan pernapasan paru2 Sebetulnya olah raga ini sangat baik dan menyempurnakan seluruh tubuh,untuk selanjutnya setelah beberapa bulan pelatih senior melihat perlu ada kebangkitan tubuh , ini dilakukan oleh para pelatih senior,membangkitkan bagi murid2,yg sudah terseleksi,barulah kita banyak deberikan latihan olah raga yg lain2,barulah olah raga badan daging melihat langit biru,yg sekarang ini populer dng olah raga tunggal satu macam gerakan untuk menyingkat waktu,,tapi sebaiknya kalau ada waktu marilah kita melatih olah raga sempurna ini untuk penguatan dalam dan luar,Sungguh patut dihargai,sdr Ngurah bagi imformasi yg benar,semoga membawa wacana yg baik bagi seluruh warga orhiba yg saya hormati untuk lebih lagi menghargai tubuh ,jiwa dan roh sesuai dg simbul Orhiba, Tiap2 oknum,masing2 mempunyai jalan kesempurnaannya dan hak hidupnya.Tiap2 orang manusia,dapat memberikan kesempatan Bangkit-Hidup; kepada ketiga oknum tersebut dan mengembangkanya kearah kesempurnaan Hidup,berdasarkan kepada karunia Tuhan Yang Maha Esa dan kuasa Hidup, dgn simbul Orhiba marilah kita lebih untuk menyehatkan masyrakat dan memberikan lebih lagi, pengertian apa arti Orhiba dan pengembanganya,.terima kasih waktu yg telah diberikan,,salam hidup buat warga Orhiba dimana saja berada.Hari P.

  75. Kalau boleh komentar, sungguh kata2 sdr Ngurah, merupakan keadaan dimana pada waktu itu orang2 latihan diwajibkan untuk berolah raga sempurna yaitu olah raga 24×24,inilah yg dikatan sdr Ngurah memang benar2 terjadi pada diri saya sendiri pada waktu itu th 1970, memang olah raga sempurna in merupakan benar2 olah raga dasar ,,karena yg dilatih seluruh organ2 tubuh yg didalm , maupun pernapasan seluruh tubuh dan pernapasan paru2 Sebetulnya olah raga ini sangat baik dan menyempurnakan seluruh tubuh,untuk selanjutnya setelah beberapa bulan pelatih senior melihat perlu ada kebangkitan tubuh , ini dilakukan oleh para pelatih senior,membangkitkan bagi murid2,yg sudah terseleksi,barulah kita banyak deberikan latihan olah raga yg lain2,barulah olah raga badan daging melihat langit biru,yg sekarang ini populer dng olah raga tunggal satu macam gerakan untuk menyingkat waktu,,tapi sebaiknya kalau ada waktu marilah kita melatih olah raga sempurna ini untuk penguatan dalam dan luar,Sungguh patut dihargai,sdr Ngurah bagi imformasi yg benar,semoga membawa wacana yg baik bagi seluruh warga orhiba yg saya hormati untuk lebih lagi menghargai tubuh ,jiwa dan roh sesuai dg simbul Orhiba, Tiap2 oknum,masing2 mempunyai jalan kesempurnaannya dan hak hidupnya.Tiap2 orang manusia,dapat memberikan kesempatan Bangkit-Hidup; kepada ketiga oknum tersebut dan mengembangkanya kearah kesempurnaan Hidup,berdasarkan kepada karunia Tuhan Yang Maha Esa dan kuasa Hidup, dgn simbul Orhiba marilah kita lebih untuk menyehatkan masyrakat dan memberikan lebih lagi, pengertian apa arti Orhiba dan pengembanganya,.terima kasih waktu yg telah diberikan sdr Harmen,,salam hidup buat warga Orhiba dimana saja berada.Hari P.

  76. SALAM ORHIBA UNTUK SELURUH WARGA ORHIBA
    Perkenalkan saya agus asal dari tabanan dan sekarang bekerja di seririt – buleleng. mohon saran dari warga orhiba mengenai masalah masalah yang saya hadapi. saat ini saya ada sakit non medis (black magig / di bali dikenal dgn nama bebai) sudah berobat kemana mana tetapi belum sembuh juga. Kalau kambuh kepala terasa sakit, kaki tertusuk tusuk, badan lemas, badan rasanya ngilu gitu. sudah mencoba pengobatan alternative tetapi penyakitnya hilang dan datang lagi (belum tuntas). sekarang saya tanpa bantuan paranormal lagi karena sudah capek berobat kemana mana. sekarang saya berusaha dgn upaya untuk menyembuhkan dari dalam diri saya sendiri. sampai akhirnya saya mengetahui kalau didalam diri saya banyak ada mahluk kiriman mungkin puluhan dari ujung kaki sampai kepala. setiap hari saya bersihkan tetapi beberapa saat lagi datang yang lainnya. mahluk tsb berupa jin,setan, (atau dibali dikenal dgn nama samar, rencangan stra / penghuni ulun setra ) sampai manusia pelaku black magic beserta crewnya dan gurunya kira kira ada 12 orang ada didalam diri saya..

    satu minggu ini atas saran dari seorang teman saya mulai rutin melakukan ORHIBA gerakan tunggal badan daging. mohon sharing dari rekan rekan warga ORHIBA :
    1. Apakah ORHIBA gerakan tunggal badan daging bisa untuk menghilangkan pengaruh black magig dalam diri saya ?
    2. Bagaimana caranya sebagai seorang praktisi orhiba untuk dapat membantu menyembuhkan penyakit medis dan non medis kepada sesama khususnya bagi keluarga ? adakah ketentuan syarat khususnya ?

    Demikian atas pertanyaan pertanyaan yg saya sampaikan mohon kiranya masukan dari rekan rekan.

    Terima Kasih atas bantuannya

    Agus

    • pak Agus, dengan keyakinan yang sungguh-sungguh untuk menerima dan melaukan ORHIBA sebagai jalan untuk menyembuhkan/menormalkan tubuh kita, sy yakin pak Agus pasti akan sembuh total. Ohya di Kaliukir – Tabanan belasan orang sekarang sudah ikut ORHIBA, semoga bisa konsultasi lebih dekat, kalau ada pertanyaan bisa hub pelatih singaraja: pak Artawan alias KADEK DOGO Hp. 081236530643

  77. dear…

    permisi..dulu orang tua saya ikut orhiba pas awal awal orhiba berdiri

    untuk wilayah surabaya , dimana saya bisa menemukannya ya

    • Ayo, teman teman di Surabaya tolong diinformasikan. Tks

  78. Salam Hidup, Sdr harmen trimakasih atas imformasinya tentang pertanyaan sdr Regnewbie untuk menghubungi daerah wilayah Surabaya yg sudah saya kenal ada teman seorhiba pada pada awal2 th 1970 puluhan sdr Liong Han, saya tahu alamatnya, Jl Achmad Jais 108 Surabaya, dng no telp 5340164. Saya beberapa th yg lalu ketemu dng dia ,karena saya sendiri sekeluarga sudah lama tinggal di Aust, Sydney, Sdr Regnewbie kalau saya boleh tahu siapa nama ayah sdr mungkin saya kenal, demikian informasi saya semoga berguna untuk sdr Regnewbie,salam asih dan hidup,dari Saya Hari Pratikno.

  79. Orhiba pada jaman sekarang dan akan datang selalu dibutuhkan manusia. yg mana , mestinya ada kegiatan positif yg bisa di kenal masyarakat bahkan dunia, jangan ada iri atau dengki dan saling pembenaran, karena di dalam orhiba yg bisa membuktikan adalah diri sendiri. dan tidak bisa instan, semua proses diri dan alam, apakah bisa merekrut yg merasa menjadi Orhibawan dan orhibawati yang mampu yg bisa membantu sesama yg tidak mampu secara ekonomi, dan saling berbagi utk yg sudah sukses, sehingga ada wadah positif yang berguna untuk masyarakat orhiba dan secara umum karena semua di ciptakan sama oleh tuhan, tinggal kesempatan dan tata hidup yg membuat saling berubah dan membedakan. harus ada orhibawan/orhibawati yang sejati untuk bisa mewujudkan secara positif di tengah masyarakat, yg bisa dirasakan secara luas lewat kegiatan yg sifatnya umum dan membantu orang yg tidak mampu,.trimakasih salam orhiba dari Hermawan Surabaya (031)71487629 atau 085730464899


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: